Standar Pelayanan Pengelolaan Pengaduan Publik

STANDAR PELAYANAN PENGELOLAAN PENGADUAN PUBLIK

 

No Komponen Uraian
1. Dasar Hukum 1.   Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;

2.   Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;

3.   Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;

4.   Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Publik;

5.   Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Secara Nasional;

 

2. Persyaratan 1.   Masyarakat mengajukan pengaduan tertulis dengan memuat :

a.    Nama dan alamat lengkap;

b.   Uraian pelayanan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan dan uraian kerugian material atau non material yang diderita;

c.    Permintaan penyelesaian pengaduan yang diajukan;

d.   Tempat, waktu penyampaian dan tanda tangan.

Ditujukan kepada Bagian Organisasi dan Tatalaksana Setda Timor Tengah Utara

Jalan Basuki Rachmat, Kelurahan Benpasi, Kecamatan Kota Kefamenanu.

2.   Memasukkan surat pengaduan ke kotak saran/pengaduan Bagian Organisasi dan Tatalaksana Setda TTU atau datang langsung di Kantor  Bagian Organisasi dan Tatalaksana Setda TTU dan menyampaikan pengaduan secara lisan.

 

3. Prosedur 1.   Pengguna Layanan (Pengadu) menyampaikan pengaduan tertulis Kepada Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana Setda Timor Tengah Utara melalui kotak saran/pengaduan Bagian Organisasi dan Tatakaksana atau langsung ke Kantor Bagian Organisasi dan Tatalaksana;

2.   Pengguna Layanan (Pengadu) menyampaikan pengaduan secara lisan kepada Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana atau Kepala Sub Bagian;

3.   Pengguna Layanan (Pengadu) menunggu hasil tindak lanjut pengaduan dari Bagian Organisasi dan Tatalaksana Setda Timor Tengah Utara.

4.   Pengguna Layanan (Pengadu) menerima hasil tindak lanjut dan penanganan pengaduan baik secara lisan maupun secara tertulis.

 

4. Waktu Penyelesaian 1.   Terhadap pengaduan dalam bentuk tertulis, ditindaklanjuti maksimal 1 Hari sejak surat permohonan diterima oleh Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana Setda Timor Tengah Utara;

2.   Jangka waktu penyelesaian pengaduan disesuaikan dengan permasalahan yang diadukan.

 

5. Biaya/Tarif Tidak dipungut biaya (Gratis)

 

6. Produk Layanan Tindak lanjut penyelesaian pengaduan terkait permasalahan di bidang pelayanan publik.

 

7. Pengelolaan Pengaduan 1.   Pengaduan, saran dan masukan dapat disampaikan secara tertulis melalui surat yang ditujukan kepada:

Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana Setda Timor Tengah Utara

Jalan Basuki Rachmat, Kelurahan Benpasi, Kecamatan Kota Kefamenanu

2.   Telepon : (0388) 31027 psw. 223

3.   Kotak Saran/ Pengaduan Bagian Organisasi dan Tatalaksana;

4.   Email : orta@organisasi.ttukab.go.id

5.   LAPOR!-SP4N